مرحباأهلاوسهلا

مرحباأهلاوسهلا

Kamis, 10 November 2011

Kabar Tentang Qurban

Alhamdulillah Hari-hari penyembelihan hewan qurban telah usai, lingkungan masyarakat kami telah bersuka ria dengan menyembelih hewan qurban dari tanggal 6 s/d 9 Nopember 2011. Ada yang dilaksanakan oleh panitia Masjid Nurul Anwar yaitu 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing, adapula yang dilaksanakan oleh keluarga dirumah masing-masing, ada 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing dan masih ada lagi. Sekali lagi alhamdulillah. 
Tetapi tidak kalah pentingnya adalah mengambil hikmah ibadah qurban itu sendiri. Keutamaan qurban sebagaimana disebutkan dalam hadits:

مَا عَمِلَ آدَمِىٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ إِنَّهَا لَتَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنَ الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Kurban yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku kukunya. Sesungguhnya sebelum darah kurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima Allah. Maka tenangkanlah jiwa dengan berkurban. (HR. Tirmidzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar